Home » , , » Tips dan Info Lengkap Wisata ke Watu Ireng, Kandang Serang, Pekalongan.

Tips dan Info Lengkap Wisata ke Watu Ireng, Kandang Serang, Pekalongan.

Bagi masyarakat Pekalongan dan sekitarnya, saya yakin nama lokasi wisata Watu Ireng Sudah tidak asing lagi di telinga. Tetapi saya yakin pula sebagian masyarakat banyak yang belum pernah kesana, salah satunya saya.

Walau sudah beberapa tahun belakangan ini wisata Watu Ireng makin populer namun baru kali ini saya menjelajah ke lokasi wisata yang terkenal akan keindahan batu besar dengan warna hitam ini. Padahal bisa dikatakan saya salah satu kategori orang yang hobi bertualang.

Setelah ngomongin tentang wisata Watu Ireng rasanya kurang afdol kalo saya gak berbagi pengalaman tentang review lokasi Watu Ireng ini.

Oke kita mulai reviewnya,
jika kita hendak ke Watu Ireng, terlebih dahulu kita bikin patokan atau bahasa Pekalongannya ancer-ancer.
jika dari pantura atau Pekalongan bagian utara, hendaknya kita terlebih dahulu menuju Kajen, dari perempatan Kajen terus ke selatan menuju Kandangserang.
Di sepanjang jalan kita akan melewati jalanan dengan pemandangan yang cukup asri, namun karena beberapa bulan ini ada proyek jalan tol yang sebagian material tanahnya diambil dari sini, otomatis di beberapa titik jalan agak rusak parah. Namun setelah melewati lokasi pengerukan tanah jalan kembali aspal halus.

Kondisi jalan Kajen - Kandang Serang, melewati hutan dan jalan berliku.

Dalam perjalanan menuju Kandang Serang kita akan melewati beberapa tempat wisata yang cukup terkenal diantaranya curug Blanten dan wana wisata Sikujang.
Namun jika tujuan utama kita ke Watu Ireng jadi kita harus fokus meneruskan perjalanan hingga ke Watu Ireng, namun jika ada waktu luang dan tidak terburu-buru gak ada salahnya kita mampir sebentar untuk sekedar ngopi di tempat wisata tersebut, toh gak ada salahnya memasukan dua destinasi wisata tersebut dalam satu kali perjalanan, pepatah lamanya sekali gayung dua tiga pulau terlampui. Hehee...

Pintu masuk ke wisata Sikujang.

Oke kita lanjut lagi reviewnya, setalah melakukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kajen, kita akan sampai di gang menuju lokasi wisata Watu Ireng, gang tersebut ada di sebelah kanan jalan dengan gapura berwarna putih dengan tulisa "selamat datang objek wisata Watu Ireng" dan sebagai patokannya gang tersebut berada sekitar 1km sebelum pasar Kandang Serang, jadi kalo kita tiba-tiba sampai di pasar, berarti bisa dipastikan kita kebablasan.

Gang menuju Watu Ireng.

Setelah masuk gang kita cukup mengikuti jalan kampung yang sudah beraspal rapi, banyak petunjuk jalan disetiap tikungan atau pertigaan. Jadi setelah masuk gang kita gak perlu was-was tersesat. Walaupun gang tersebut memasuki perkampungan dan kebun penduduk namun jalan ini cukup ramai oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke Watu Ireng. So, tak perlu risih atau malu-malu saat memasuki perkampungan.

Kondisi jalan setelah memasuki gang.

Petunjuk arah menuju lokasi Watu Ireng.

Batas desa, jika sudah melewati ini berarti beberapa detik lagi kita akan sampai.

Setelah berkendara sekitar 5 menit dari gang, kita akan sampai di lokasi yang kita tuju, yaitu lokasi wisata Watu Ireng. Sesampainya di lokasi, terlebih dahulu kita parkirkan kendaraan kita ke lokasi parkir yang telah tersedia.

Oiya untuk akses jalan dari gang menuju lokasi ini, menurut perhatian saya pribadi tidak cocok membawa kendaraan roda empat atau lebih, karena setelah saya perhatikan selama perjalanan masuk gang saya tidak berpapasan dengan mobil, bahkan jalan dan lokasi parkir tidak diperuntukan untuk mobil. Dan sebagai saran saja, sebaiknya kalo kesini jangan membawa kendaraan roda empat.

Tapi jika ada akses lain untuk kendaraan roda empat mungkin itu bisa saja, mungkin saja saya tidak tau infonya.

Area parkir

Setelah parkir, kita langsung menuju ke loket penjualan tiket yang berada tak jauh dari tempat parkir.

Menuju loket penjualan tiket

Jangan lupa beli tiket dulu...

Setelah membeli tiket perjalanan kita dilanjutkan dengan berjalan kaki mengikuti jalan setapak yang sudah dibeton rapi.

Untuk masalah snack atau makanan, disini banyak warung yang menjajakan makanan mulai dari makanan ringan sampai makanan berat seperti mie ayam, bakso, nasi dll.
Untuk masalah mck, disini juga terdapat beberapa toilet umum yang tak dijaga, yang artinya membayar seiklhasnya.

Jalur menuju lokasi Watu Ireng.

Setelah berjalan tak lebih dari 5 menit kita akan sampai di gapura selamat datang yang warna-warni, yaitu batas jalan dengan batu yang berwarna hitam, artinya setelah kita memasuki gerbang ini kaki kita sudah mulai menginjak batu hitam.

Gerbang warna-warni.

Setelah memasuki gerbang sebenarnya kita sudah sampai di titik kordinat tempat yang kita tuju, karena hakekatnya kita sedang ingin mendatangi batu hitam yang dimaksud, tapi untuk menarik minat pengunjung pengelola disini sengaja menambah nilai eksotik di beberapa titik, diantaranya di beberapa tanjakan diberi nama yang unik-unik, dibangun pula gasebo/gardu pandang untuk sekedar berfoto atau berteduh, dibangun pula spot-spot untuk berfoto. Jadi saat kita sampai di lokasi kita tidak akan jenuh dan cepat bosan.

Seperti apa spot-spot menarik yang sedang ngehits di media sosial, berikut foto-foto kami saat mengunjungi Watu Ireng:

Disepanjang jalur banyak plang petunjuk jalan dengan kata-kata unik.

Gerbang dengan tugu batu

Taman mini yang berbentuk love yang cukup unik untuk berselfie-selfie ria.

Foto di pagar pembatas juga asyik juga, tapi tetap hati-hati yaa...

Foto di gambar doraemon juga unik, apalagi bagi yang membawa balita.

Foto di gasebo pertama dengan background sungai besar.

Aaahhh... asyik juga buat santai.

Spot foto yang masih kekinian

Foto di batu batu ini juga seru juga.

Gasebo kedua dengan posisi lebih tinggi.

Foto di gasebo kedua, dengan background bendera merah putih.

Foto diatas batu yang paling tinggi, dengan background burung yang sedang terbang.

Tips dan Info Lengkap Wisata Watu Ireng
• jika kita hendak berencana ke lokasi wisata ini hendaknya persiapkan fisik dan stamina yang baik, karena perjalanan menuju kesana dirasa cukup melelahkan, memakan waktu sekitar 1 jam lebih 15 menit dari perempatan Kajen.
• kondisi kendaraan yang kita bawa juga harus prima, karena selain jalan yang berliku dan menanjak, kondisi jalan di beberapa titik juga cukup rusak parah. Bahkan pengalaman kami kemarin ban motor kami sempat bocor, untung tak jauh dari lokasi ada bengkel motor.
• walau jalur menuju lokasi wisata ini bukan termasuk jalur KTL (kawasan tertip lalu lintas) menggunakan helm dan standar berkendara hukumnya wajib, demi keselamatan kita bersama, jangan lupa juga bawa jas hujan karena kawasan pegunungan cenderung sering hujan jika sudah lewat jam 12 siang.
• sebaiknya jangan membawa kendaraan roda empat karena sepanjang pantauan saya, tidak rekomended untuk kendaraan roda empat, karena faktor kondisi jalan dan area parkir. Jika hendak membawa kendaraan roda empat sebaiknya cari informasi lagi yang lebih datail.
• bawa uang cash secukupnya karena dilokasi tidak ada mesin ATM, jika lupa sebaiknya tarik tunai di pasar Kajen. Karena setelah itu sepanjang jalan kita tidak akan melewati mesin ATM lagi. Sementara di lokasi banyak warung-warung makan yang harganya relatif murah masih standar pasaran, so jika kesini bawa uang cash hukumnya wajib dan tak perlu repot-repot bawa bekal dari rumah.
• untuk harga tiket masuk relatif cukup murah dan masih terjangkau yaitu Rp 5.000,-
• untuk masalah keamanan dilokasi banyak didirikan pagar-pagar pembatas, sebaiknya jangan selfie-selfie yang terlalu ekstrim.
• untuk sinyal handphone, sepengalaman saya yang memakai indosat, disana sinyal sangat susah, tapi kalau provider lain saya kurang tau.
• untuk perjalanan pulang sebaiknya pulang sebelum jam 4 sore, untuk menghindari kemalaman di jalan.
• dan seperti biasa jangan lupa buang sampah pada tempatnya demi kebersihan dan keindahan lokasi wisata ini dan tentunya demi kenyamanan kita bersama.

Mungkin ini dulu review perjalanan ke Watu Ireng yang bisa saya jabarkan, kurang lebihnya maaf dan termakasih.

Thanks for reading & sharing Ahmad Pajali Binzah

Previous
« Prev Post

1. Suwun mas sudah berbagi informasi dan explore tempat wisata watu ireng Pekalongan