Home » , , , » KENAPA KITA HARUS FITNES...???

KENAPA KITA HARUS FITNES...???


Apa siih kelebihannya kalau kita fitnes...???
Berikut ini akan saya jabarkan tentang kelebihan fitnes dibanding jenis olahraga lain, walaupun tentunya setiap jenis olahraga punya kelebihannya masing-masing, namun kali ini saya mencoba melihat dari sudut pandang fitnes mania.

1. Seorang yang hoby ngegym (fitnes mania) pasti akan menerapkan pola hidup sehat.
Ini yang terpenting, karena syarat membentuk tubuh agar atletis adalah menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat.
Dan bisa dipastikan seorang fitnes mania akan selalu memperhitungkan asupan gizi yang kita makan sehari-hari.
Dari sini kita akan berusaha belajar dengan sendirinya tentang nilai gizi, sistem pencernaan, tentang otot tubuh, dan tentang kesehatan secara umum.
Berbeda dengan yg hobi futsal atau bulu tangkis, biasanya setelah latihan mereka tidak memerhatikan pola makannya (kecuali atlet propesional yang tinggal di asrama)
Jadi bisa dipastikan, seorang yang hoby fitnes walaupun dia orang awam tentu akan mempelajari nilai gizi dan pola makan yang baik.

2. Seorang fitnes mania akan lebih memerhatikan penampilannya.
Itu sebabnya seorang yang hoby fitnes akan lebih menyukai fashion, terutama pakaian ketat dan necis agar lekuk tubuhnya lebih terlihat.
Dan karakter ini jarang ditemui di orang yang hoby olahraga lain.

3. Jadi sering ngaca.
Walau pada dasarnya setiap orang suka bercermin (ngaca) tapi khusus cowok yang suka ngegym mempunyai kebiasaan ini dengan kadar lebih besar.
Jadi seorang fitnes mania akan lebih sering bercermin dibanding orang yang suka raga lain.

4. Mempunyai tubuh yang kekar dan perut sixpack.
Sebenarnya ini tujuan utama kita, karena setiap orang yang hoby fitnes akan menginginkan tubuh yang demikian.
Dan endingnya menjadi pusat perhatian dimanapun kita berada. Kelebihan ini tidak bisa didapat dari olahraga lain, sekalipun kita hoby lari, futsat atau berenang.
Kalau ada atlet lari, bola, dan petinju yang tubuhnya bagus, itu pasti diimbangi ngegym dalam sesi latihannya. Karena bagaimanapun juga setiap atlet propesional cabang olahraga apapun pasti menerapkan latihan fitnes.

5. Seorang fitnes mania akan lebih rutin berolahraga.
Jika dibandingkan orang yang hobi tenis, sepak bola, futsal atau bulu tangkis (bagi orang awam) tentunya hanya mengisi waktu luang saja, kalau pun rutin pasti maksimal seminggu 2 kali.
Tapi bagi fitnes mania, walaupun orang awam tetap akan menerapkan disiplin latihan yang rutin, karena jika seminggu berhenti latihan saja tentunya otot akan mengendur dan mood akan menurun.
Bisa dikatakan fitnes mempunyai efek candu yang tinggi, tapi candu dalam bentuk yang positif.

6. Rasa percaya diri yang tinggi.
Ini berkorelasi dengan bentuk tubuh yang atletis.
Tapi walaupun bentuk tubuh kita belum begitu sempurna, tapi setidaknya jika kita hoby fitnes, jiwa kepedean kita tetap akan muncul.
Itu sebabnya banyak fitnes mania yang tubuhnya belum begitu bagus, tapi cara berjalannya sudah tegap dan percaya diri.

7. Fitnes menjadi penunjang olahraga lain.
Seperti yang saya katakan diatas, semua jenis olahraga, harus ditunjang sistem pembentukan otot, dan cara satu-satunya untuk melatih otot tersebut dengan cara ngegym (fitnes).
Jadi bisa dikatakan semua cabang olahraga (khususnya yang propesional) harus ditunjang fitnes sebagai sesi latihannya. Dan bisa dilihat sekertariat cabang olahraga apapun pasti ada alat-alat fitnes di ruang latihannya.
Dan menurut pengalaman saya pribadi setiap main ke sekertariat panjat tebing pasti disana ada barbel dan alat-alat fitnes yang lain, begitu juga saat main di sekertariat beladiri, sekertariat basket, sepak bola, renang, lari, apalagi jika mampir ke sasana tinju disana pasti penuh dengan alat-alat fitnes.

8. Tidak terlalu membutuhkan patner.
Jika dibandingkan olahraga lain seprti bola, futsal, tenis, bulu tangkis dll, yang tentunya membutuhkan lawan tanding atau team bermain.
Untuk fitnes kita tidak tergantung orang lain, jadi jika teman kita sedang sibuk/malas latihan kita bisa berangkat latihan sendiri.

9. Fitnes adalah seni pembentukan tubuh.
Karena seni, bermain olahraga ini cenderung menggunakan perasaan, tidak ada sistem porsir dan resikonya cenderung lebih kecil.
Berbeda dengan olahraga lain, saat tiba-tiba bola mengarah ke kita, kita tanpa sadar berlari sekencang-kencangnya untuk menggiring bola tersebut, atau menyemes sekencang-kencangnya agar bisa mengalahkan lawan, jadi untuk pengidap serangan jantung ini sangat berbahaya.
Itu sebabnya banyak artis atau orang biasa yang tiba-tiba meninggal saat sedang berolahraga.
Berbeda dengan fitnes, saat latihan semua harus sesuai kemampuan dan mengikuti irama pernafasan.
Dan kalaupun atlet profesional yang sedang tanding (kontes) tidak ada aroma persaingan yang panas, karena ini cenderung ke arah seni. (cuma berpose-pose doank)
Yaa seni pembentukan tubuh agar lebih indah.

10. Keperkasaan.
Untuk hal yang satu ini saya tidak mau membahas panjang lebar. Karena keperkasaan adalah hal yang privasi untuk diulas disini. Hehhee... :D

Demikianlah ulasan saya tentang kelebihan-kelebihan dari ngegym atau fitnes.

Ulasan ini saya tulis bukan bermaksud merendahkan atau mengesampingkan jenis olahraga lain, tetapi hanya untuk perbandingan dan memasyarakatkan olahraga pembentukan tubuh ini (fitnes).
Karena di negara lain, fitnes sudah menjadi kebutuhan primer dan bagian gaya hidup sehari-hari...
Jadi, yuuukkk kita fitness...!!!

*Terimakasih dan salam semangat*


======================================


Thanks for reading & sharing Ahmad Pajali Binzah

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. Fitnes memang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ideal seperti sixpack dan tubuh yang kekar. Informasi yang menarik mengenai kenapa kita harus fitnes

    ReplyDelete
  2. Fitnes tidak hanya bermanfaat untuk membesarkan otot, namun juga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.. terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete

recent posts